RSS

Balasan Untuk Surat Kecilmu, Tuan

hai singa yang angkuh, terimakasih atas surat yang sudah kamu tuliskan untuk sang burung. sang burung kecil itu tidak menyangka seorang singa sepertimu dapat menuliskan itu untuk sang burung kecil. burung kecil itu sangat senang menerimanya. maafkan ia jika ia baru sempat membalasnya sekarang. maafkan ia jika ia benar benar menghilang dari peredaranmu kemarin kemarin. burung kecil itu hanya sedang membutuhkan waktu untuk menenangkan hatinya sendiri. kamu tau kan bahwa ini tidak mudah bagi sang burung, bahwa ia tidak sekuat dirimu. maka dari itu, kemarin ia hanya sedang membutuhkan waktu saja. ia hanya sedang menguatkan hatinya saja.

kamu tidak usah terlalu hawatir akan sang burung. aku memantau semua kegiatan yang ia lakukan kemarin kemarin. dan kamu tau apa? ia masih tetap menjadi burung kecilmu. burung kecil yang kamu kenal. sebenarnya ada beberapa hal yang berubah dalam dirinya. tapi tenang saja perubahan itu adalah perubahan yang baik. jika kamu tau, burung itu sekarang sudah beberapa tingkat lebih tinggi dari dirinya saat sebelum bertemu denganmu. burung kecil itu sudah berubah menjadi burung yang lebih kuat sekarang. burung kecil itu sudah belajar banyak dari dirimu. terutama untuk belajar kuat seperti dirimu.

ia berusaha keras untuk menguatkan hati nya belakangan ini. apakah kamu tau singa, dulu ia adalah burung kecil yang rapuh. ia mudah sekali meneteskan air mata. sekecil apapun masalah yang ia hadapi, ia sangat mudah sekali meneteskan air matanya. mungkin memang air matanya yang berlebih, aku tidak tau. tapi apakah kamu tau kapan terakhir kali ia meneteskan air matanya? itu terjadi saat kalian terakhir kali bertemu. saat kamu memutuskan ikatan itu. hari itu, beberapa detik setelah kamu pergi, ia menangis sangat parah. itu adalah tangisan terparahnya beberapa taun terakhir ini. ia benar benar terlihat rapuh. sebenarnya saat itu yang ia butuhkan hanyalah pelukanmu untuk menenangkannya. tapi ia tau itu tidak mungkin terjadi. hingga ia hanya dapat menangis hingga ia lelah.

tapi apakah kamu tau? itu terakhir kali ia menangis. beberapa hari setelahnya, ia sudah tidak menangis lagi. mungkin lebih tepatnya ia tidak dapat menangis. ia mengakui bahwa ia sangat sedih dan ia sangat ingin menangis, tapi ia tidak bisa. mungkin saja air matanya sudah habis sehingga ia tidak dapat menangis lagi. sang burung kecil itu mengatakan padaku bahwa ia sangat bangga akan dirinya sendiri. ia tidak pernah sekuat itu sebelumnya. orang orang yang berada disekitarnya pun mengatakan hal yang sama. mereka sangat bangga pada sang burung. burung itu sudah tidak serapuh sebelumnya. sudahkah kamu dapat menyebutnya bahwa ia sudah kuat sekarang? apakah ia sudah sekuat dirimu?

tapi hingga akhir nya ia membaca suratmu.. air mata itu mengalir lagi..

tenang saja singa, kamu tidak usah merasa bersalah. air mata itu mengalir untukmu. ia sangat terharu membaca suratmu. ia tidak menyangka kamu dapat melakukan itu untuknya. mungkin hal itu adalah hal yang sangat jecil, tapi baginya itu berarti sangat besar. sang singa yang ia kenal adalah singa yang cuek dan sangat angkuh, tapi surat itu menunjukkan kamu yang sebenarnya. menunjukkan singa yang sebenarnya.

sang burung kecil itu menyuruhku membaca surat yang kamu tuliskan untukknya. setelah aku selesai membacanya, ia menanyakan beberapa pertanyaan padaku. ia bertanya, 'apakah kamu lihat apa yang ia lakukan? aku sangat senang karena ia sudah tidak memakai topeng itu lagi di depanku. ia sudah mau menunjukkan apa yang ia rasakan. ia sudah mau menunjukkan ia yang sebenarnya. tapi aku juga bersedih. apakah kamu dapat melihat betapa sedih nya ia? apakah kamu dapat melihat bahwa sepertinya sekarang rodanya sedang berada di bawah? sepertinya banyak sekali tekanan yang ia hadapi. dapatkah kamu melihat bahwa ia tidak sekuat yang kelihatannya? ia juga rapuh, tapi ia tidak ingin menunjukkannya bukan? apakah kamu dapat melihat itu semua? atau itu semua hanya perasaanku saja? tapi aku yakin dengan apa yang aku rasakan. aku cukup mengenalnya. mungkin dia memang rapuh, mungkin dia memang tidak sekuat keliahatannya. tapi aku tau pasti, ia lebih kuat dariku. ia yang mengajarkanku untuk kuat, maka dari itu aku tau bahwa dia sangat kuat dan sangat jauh lebih kuat dariku. ia pasti dapat melewati semuanya jauh lebih baik dariku. aku yakin itu.'

burung kecil itu terdiam beberapa saat. lalu ia mengatakan padaku bahwa ia sangat menghawatirkanmu. ia tidak ingin melihatmu seperti ini. ia ingin membantumu, menemanimu, memberi mu semangat untuk melewati semua ini. burung kecil itu tau, keadaan ini bukanlah keadaan yang mudah bagi kalian berdua. burung kecil itu tau, keadaan ini dapat membuat kalian rapuh. kalian berdua sama sama sedang kehilangan keseimbangan kalian.

burung kecil itu mengatakan padaku, jika kamu memberinya ijin untuk sang burung itu agar dapat membantumu melewati ini semua, menemanimu dan memberimu semangat, ia akan dengan senang hati untuk melakukannya. ia tau, mungkin ikatan kalian tidak bisa seperti sedia kala untuk sekarang, tapi tidak ada salahnya jika keberadaannya untukmu sama seperti sedia kala bukan? burung kecil itu hanya ingin ada untukmu. walaupun ikatan itu tidak dapat kembali, tapi ia ingin selalu ada untukmu disaat kamu sedang merasa seperti ini. walaupun nanti disaat kamu sudah dapat melewati ini, burung kecil itu tidak masalah jika ia harus melepaskanmu jika kamu memang sudah tidak membutuhkannya lagi. setidaknya, ia tidak akan terlalu hawatir karena ia tau bahwa kamu sudah melewati masa sulitmu. dapatkah kamu mengijinkannya melakukan itu? dapatkah ia masih tetap ada untukmu? untuk membantu, menemani dan memberi semangat untukmu? walaupun itu hanya sebagai seorang sahabat.. dapatkah ia melakukannya? hai singa yang angkuh, dapatkah burung kecil itu melakukannya untukmu? dapatkah kamu memberikannya ijin?

sebenarnya aku heran akan sang burung. ia pernah mengatakan padaku bahwa ia tidak bisa bertingkah biasa saja di depan orang yang masih ia sayang. lalu bagaimana jadinya jika ia melakukan ini? apakah ia bisa?

lalu burung itu mengatakan padaku, "mungkin memang sulit bagiku untuk melakukannya. tapi aku tau, keadaan ini, sama sama sulit untuk kami berdua. keadaan ini tidak semudah keliahatannya. let me tell you something, it's not going to be easy, but it's going to be worth it. ia telah mengejarkanku banyak hal dan merubahku menjadi lebih baik. mungkin aku memang tidak bisa melakukan hal yang sama. yang dapat aku lakukan hanyalah menemaninya dan memberinya semangat untuk melewati masa sulitnya. dia telah mengajarkanku untuk tetap kuat hingga aku sekuat sekarang. dan sekarang mungkin ia dapat mengajarkanku menuju tahap yang selanjutnya. aku tidak memiliki maksud apa apa dalam melakukan hal ini. ya aku tau, harapan agar ikatan itu kembali memang masih ada dalam diriku. tapi aku melakukan ini tidak dengan tujuan itu. aku melakukan ini hanya untuk membantunya melewati ini semua. kita, atau mungkin lebih tepatnya aku dan dia akan sama sama bisa melewati ini. mungkin dengan bersama sama akan menjadi lebih mudah. aku tidak ingin melihatnya seperti ini terus. aku tidak bisa melihatnya sedih. aku ingin ada untuknya dan menemaninya untuk melaluinya. aku ingin sinar dimatanya itu kembali terang seperti sedia kala. walaupun mungkin aku hanya dapat menjadi sahabatnya, itu tidak masalah bagiku. selama aku dapat membantunya, akan aku lakukan. apakah sang singa itu dapat mengijinkanku untuk melakukannya? aku berharap semoga ia mengijinkanku."

sang burung kecil itu hanya ingin membantumu, singa. dapatkah kamu memberikannya ijin untuk melakukan hal itu? hal itu mungkin memang sulit baginya. tapi ia mau mencoba nya. apakah kamu mau mencoba nya juga? aku tau, keangkuhan adalah sifat dasarmu, tapi dapatkah kamu mengurangi keangkuhanmu itu pada sang burung? sang burung tidak pernah memakai topeng itu di depanmu. dapatkah kamu melakukannya untuknya? mungkin hal itu bukan hanya untuk sang burung saja, tapi hal itu juga untuk dirimu sendiri. kamu dapat mencoba untuk tidak selalu memakai topeng itu. kurangilah sedikit keangkuhanmu. aku tau itu tidak mudah, tapi kamu pasti dapat melakukannya secara perlahan. sang burung kecil dan kamu sama sama dapat belajar. ijinkanlah ia untuk melakukannya. ia sangat peduli padamu. tunjukan apa yang kamu rasakan kepadanya. ceritakan semua masalahmu yang dapat kamu ceritakan padanya. setidaknya tekanan dan beban itu akan sedikit berkurang. ia akan menjadi pendengar yang baik untukmu. tenang saja, ia tidak akan memaksamu untuk menceritakan masalahmu, ia hanya akan menunggumu untuk berbagi cerita itu dengannya. dan selama ia menunggu, ia akan selalu ada untukmu, ia akan menemanimu dan memberikanmu semangat. mungkin kamu tidak biasa melakukan hal ini, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? burung kecil itu mau mencoba melakukannya untukmu, lalu kenapa kamu tidak mau?


NB: cobalah untuk mendengarkan lagu 'nothing like us - justin bieber'. lagi itulah yang mengiringi setiap kata kata yang tertulis pada kanvas ini. lagu itu aku alunkan berkali kali hingga kanvas ini selesai terwarnai. semoga kamu menyukai lagunya sama sepertiku.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment